Gitaris Pemula Harus Tahu Chord Dasar Dalam Bermain Gitar!

gitaris
"Bermain Gitar Bukan Karena Tuntutan Melainkan Hobi" source: freepik.com

Musicology – Menjadi gitaris profesional bukanlah hal yang mudah. Dibalik petikannya yang indah, ada sebuah konsistensi besar dalam teknik memainkan kunci gitarnya. Dari kunci C, E, A, D, G, F serta kunci minornya merupakan kunci dasar penting untuk mengasah keterampilan bermain gitar. So, di artikel ini kita akan mengajak Mucogank untuk mengetahui dan memahami berbagai macam chord dasar dalam bermain gitar bagi gitaris pemula.

Sebelum mempelajari kunci dasar bermain gitar. Mucogank perlu untuk mengetahui, letak senar dan detail lainnya terlebih dahulu. Pengetahuan tentang senar perlu kalian ketahui terlebih dahulu, karena setiap senar pada gitar menghasilkan nada yang berbeda-beda. Dari nada E, A, D, G, B, E (E tinggi). So, let’s get it!

letak senar

  • Senar 1, merupakan senar yang menghasilkan nada E
  • Senar 2, merupakan senar yang menghasilkan nada B
  • Senar 3, merupakan senar yang menghasilkan nada G
  • Senar 4, merupakan senar yang menghasilkan nada D
  • Senar 5, merupakan senar yang menghasilkan nada A
  • Senar 6, merupakan senar yang menghasilkan nada E

Selain pengetahuan tentang letak senar, Mucogank juga harus tahu bagian gitar lain yang bernama fret. Dalam sebuah gitar fret menjadi tempat yang cukup vital dalam gitar, karena berfungsi untuk menentukan nada pada senar. Letak dari fret melintang pada papan jari dan biasanya memiliki bahan logam.

Chord Dasar Major

Chord C

chord

Untuk chord dasar yang pertama ada chord C. Chord ini dimainkan dengan cara menekan senar pertama pada fret pertama, senar empat pada fret kedua, dan senar lima pada fret ketiga. Untuk penempatan jari yang menekan senar tersebut jari telunjuk menekan senar dua, jari tengah menekan senar empat dan jari manis menekan senar lima

Chord E

chord

Chord kedua yang akan kita bahas adalah chord E. Dalam chord ini memainkan dengan cara menekan senar empat di fret dua menggunakan jari manis, senar lima di fret dua menggunakan jari tengah dan senar tiga di fret satu menggunakan jari telunjuk.

Chord A

chord

Selanjutnya ialah chord A. Chord ini sangat mudah memainkannya, karena hanya memainkannya di fret 2 dengan menekan senar dua menggunakan jari manis. Menekan senar tiga menggunakan jari tengah dan menekan senar empat menggunakan jari telunjuk.

Chord D

chord

Yang keempat ialah chord D. Chord ini memainkannya di fret kedua dan ketiga dengan memainkan senar satu di fret dua menggunakan jari telunjuk. Senar tiga di fret dua menggunakan jari tengah dan senar dua di fret 3 menggunakan jari manis.

Chord G

chord

Chord Kelima ialah chord G. Pada chord ini merupakan chord gitar yang di fret kedua dan ketiga juga sama halnya dengan chord D. Tetapi kombinasi dari chord G adalah memainkan senar enam di fret tiga menggunakan jari tengah. Senar lima di fret dua menggunakan jari telunjuk dan senar satu di fret tiga dengan jari manis.

Chord F

chord

Dalam urutan terakhir chord yang harus Mucogank pelajari ialah chord F. Chord ini tidak berbeda jauh cara memainkannya dengan chord C. Tapi yang sedikit berbeda, yaitu menekan senar dua pada fret pertama menggunakan jari telunjuk secara bersamaan dengan senar satu di fret satu.

Chord Dasar Minor

Chord Am

chord

Pertama, chord minor dari Am mirip dengan chord A major. Tetapi yang berbeda cara memainkannya, dengan cara menaikkan jari tengah dan manis untuk menekan senar empat dan senar tiga, kemudian menekan senar dua di fret satu dengan jari telunjuk.

Chord Em

chord

Chord minor kedua Em mirip dengan Chord E major. Tetapi yang berbeda, chord Em memainkannya dengan cara melepaskan jari telunjuk di senar tiga fret satu.

Chord Dm

chord

Chord minor terakhir Dm juga mirip dengan chord D major. Tetapi yang berbeda, chord Dm dimainkan dengan menggeser jari telunjuk di senar satu dari fret dua ke fret satu.

So, setelah memahami chord yang sudah kita jelaskan tadi, Mucogank harus sering mencoba untuk berlatih lagi. Karena dari mempelajari chord dasar tadi, Mucogank bisa mencoba chord selanjutnya seperti chord gantung dan melodi. Dengan pembahasan yang telah disampaikan, harus rajin-rajin berlatih supaya cepat bisa dalam bermain gitar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *